Karena Setiap Kehamilan itu Berharga

ad

Monday, September 11, 2017

10 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil agar Bayi Cerdas dalam kandungan

Anda bisa membuat bayi Anda pintar sejak dalam kandungan. Caranya bagaimana? Makanlah makanan yang tepat dan Anda akan membuat bayi lebih pintar sejak masih di rahim. Ya, barangkali Anda pernah mendengar bahwa ada sejumlah makanan yang bisa meningkatkan IQ bayi yang bahkan belum lahir.

Setiap wanita hamil ingin melahirkan bayi cerdas. Selain karena gen, kecerdasan bayi juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi sang ibu sejak hamil. Jika seorang wanita hamil mengkonsumsi asam folat, zat besi dan vitamin D, bayinya akan terlahir cerdas karena zat-zat ini memiliki kaitan langsung dengan perkembangan fisik dan mental bayi. Makanan apakah saja itu?

1.  Minyak Ikan
Wanita hamil harus menyertakan asam lemak omega-3 untuk perkembangan otak bayi. Zat ini tersedia dalam ikan termasuk tuna, salmon dan makarel. Menurut sebuah penelitian, ibu yang makan lebih sedikit dari dua porsi ikan setiap minggu melahirkan bayi dengan IQ rendah dibandingkan dengan mereka yang makan dua porsi ikan per minggu. Selain itu, ikan laut seperti tiram kaya akan yodium yang juga penting untuk kecerdasan bayi.

2. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau mengandung asam folat yang sangat penting bagi pembentukan sel otak bayi. Menurut penelitian, wanita hamil yang mengonsumsi makanan kaya asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelahnya memiliki risiko 40% lebih rendah memiliki bayi autis. Makanan kaya asam folat lainnya termasuk bayam dan lentil.

3. Blueberry
Bluberi kaya akan antioksidan yang bisa membantu untuk mencerdaskan bayi sejak dalam kandungan. Zat ini juga melindungi jaringan otak bayi dan membantu perkembangannya. Makanan kaya antioksidan juga mencakup buah-buahan seperti buah delima dan tomat, selain stroberi, raspberry dan blackberry. Makanan kaya antioksidan lainnya termasuk tomat dan kacang-kacangan.

Baca juga : Zat Besi selama kehamilan, Manfaat dan Efek Sampingnya

4. Telur
Telur kaya akan zat besi dan protein - dua sumber makanan penting untuk perkembangan otak. Bahan makanan ini juga memiliki kelimpahan kolin, asam amino yang merangsang perkembangan otak dan meningkatkan ingatan bayi. Untuk mendapatkan jumlah kolin yang tepat per hari, maka makanlah dua butir telur per hari. Telur juga penting karena kandungan zat besi dan proteinnya yang membantu meningkatkan berat lahir bayi. Jika bayi memiliki berat lahir rendah, bayi bisa memiliki IQ rendah.

5. Almond
Ibu bisa melahirkan bayi cerdas dengan memakan segumpal kacang almond setiap hari. Tidak hanya kacang almond tapi juga berbagai jenis kacang. Camilan ini berlimpah dengan lemak sehat dan omega-3 yang meningkatkan kecerdasan otak, selain juga mengandung serat, protein dan vitamin.

6. Yogurt
Banyak manfaat probiotik bagi Ibu hamil, terutama untuk meningkatkan kecerdasan bayi di dalam kandungan. Agar tubuh wanita hamil bisa bekerja cukup keras untuk membentuk sel saraf bayinya di rahim, mereka harus memiliki kelebihan protein. Makanan kaya protein termasuk yoghurt, yang juga kaya akan kalsium yang merupakan kebutuhan selama kehamilan untuk perkembangan tulang bayi.
Di antara berbagai jenis yoghurt, yoghurt Yunani adalah yang paling bergizi untuk pertumbuhan dan perkembangan mental bayi di dalam rahim. Ini karena yoghurt Yunani mengandung kadar yodium lebih tinggi daripada jenis yoghurt lainnya dan dengan demikian mencegah berat lahir rendah.

7. Keju
Vitamin D sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Wanita hamil dengan tingkat vitamin D rendah diketahui melahirkan bayi dengan perkembangan otak rendah. Vitamin D terdapat pada makanan seperti keju, telur, hati dan daging sapi.

Baca juga : Makanan Ibu Hamil agar Tulang Bayi Kuat dalam Kandungan

8. Biji labu
Sumber makanan alami seng, biji labu membantu membangun struktur otak bayi dan merangsang area yang memproses informasi.

9. Kacang
Makanan kaya zat besi membantu bayi cerdas dalam kandungan. Besi memainkan peran penting dalam memasok oksigen ke sel otak bayi. Mengkonsumsi makanan kaya zat besi seperti kacang, ayam, buah ara, bayam dan kismis sangat penting agar melahirkan bayi yang cerdas dan cerdas.

10. Susu
Bayi bisa mendapatkan suplemen penuh yodium dari susu karena memberikan kontribusi untuk mengembangkan otak yang sehat dan pertumbuhan mental secara keseluruhan. Karena kekurangan yodium menyebabkan keterbelakangan mental, maka sangat beralasan jika jumlah susu yang baik setiap hari akan meningkatkan perkembangan mental dan fisik bayi secara keseluruhan dan pembentukan otak.




No comments:

Post a Comment